Minggu, 21 Desember 2014

Polar Plunge, brrr!

Dengan bangga menyatakan, I did the polar plunge!
Polar plunge itu acara penggalangan dana buat organisasi Special Olympics Alaska yaitu organisasi yang membantu anak-anak atau orang dewasa dengan kebutuhan khusus untuk bisa ikut kegiatan olahraga. Biasanya mereka bowling, skiing, snow boarding, dll.

Sebelum jelasin polar plunge aku jelasin Partners Club dulu. Di sekolah-sekolah disini kan banyak ada anak berkebutuhan khusus dan memang di tiap sekolah juga didukung fasilitas sama mapel-mapel dan kelas khusus buat anak-anak dengan kebutuhan khusus itu (anak yang mengalami keterbelakangan mental atau anak yg tuna rungu atau bisu). Di sekolahku dan aku yakin di sekolah-sekolah lain di USA juga ada klub khusus buat anak-anak yang berkebutuhan khusus (aku sebut athletes dari sini, soalnya mereka join special olympics) dan murid biasa (gelarnya partners) buat ikut kegiatan olahraga sama-sama. Dimana partners ngebantu para athletes buat bisa ikut kegiatan sports, kayak bantu ngajarin, ngebimbing, jadi team mates waktu perlombaan atau sesimpel pegang tangan sambil jalan. Kan gak mungkin guru sama mentor-mentornya ngebina semua athletes. Jadi kita ngebantu mereka dan buat have fun aja. Karena para athletes itu sama kayak kita, pengen sosialisasi pengen punya temen pengen jadi murid SMA biasa. Walaupun mereka punya kekurangan tapi mereka masih manusia? Kalau kata lagu Rude sih "Don't you know I am human too?" Makanya aku gak sungkan dan langsung semangat baru tau ada klub kayak gini di sekolah.

Salah satu backgroundnya aku tertarik pengen bantu di klub ini berawal dari aku SD. Jadi ceritanya SDku, SD Insan Mandiri Amlapura dulu pas awal-awal tahunnya masih sekolah swasta. Dan masih kurang murid, soalnya sekolahnya masih sangat muda, dibangun tahun 1997 sama Pastor dan memang sekolahku itu awalnya sekolah Katholik dari Yayasan Insan Mandiri, sejenis sama Santo Yoseph gitu. Karena memang belum bisa bersaing sama sekolah negeri dan peraturannya gak seketat disana, SDku banyak dilirik sama orang tua yang punya anak berkebutuhan khusus. Mulai deh banyak anak special needs masuk di sekolahku. Tapi bukan SLB sih sekolahku, masih sekolah swasta biasa. Tapi guru-gurunya dan sekolahnya sendiri mau berusaha ngajar para anak special needs. Perlakuan guru-guru di SDku bener-bener absolutely amazing, mereka gabungan guru-guru terbaik yang aku tau. Bahkan sampai sekarang guru-guru Insan Mandiri masih punya ruang di hati aku #ciee!

Aku sekelas sama Ade selama 6 tahun, dia punya keterbelakangan mental (autism) tapi dia aslinya pinter. Dia pinter matematika. Bahkan dari 5 murid special needs saat itu di sekolahku kalau gak salah mereka semua pinter-pinter di cabang mereka masing-masing. Ada yang kelasnya lebih tinggi dari aku ada yg adik kelas. Jadi bisa dibilang aku udah terbiasa sama perilakunya yang sulit ditebak dan memang emosional. Di Indonesia mereka gak diterima di sekolah negeri, cuma SLB. Susah prosesnya kalau mereka mau masuk sekolah reguler. Di sekolah negeri mereka gak dianggep dan sering diejek. Aku tercengang sama perlakuan sekolah disini sama anak-anak berkebutuhan khusus, mereka difasilitasi dan dipermudah bukan malah dipersulit sama pemerintah. Mereka juga punya hak buat belajar, mereka sama-sama anak bangsa, kenapa harus diperlakukan beda? Sedih sih liat banyak anak-anak autism yang pinter, genius bisa dibilang tapi masih gak bisa sekolah.


Ini temen sekelasku selama 6 tahun. Ade yang paling kiri.
Dulu satu kelas rata-rata 15 anak, sekarang malah banyak murid yang ditolak sama SD Insan Mandiri gara-gara kelebihan anak :) Saking bagusnya sekolahku, yang sekarang sudah berkembang pesat dan walaupun masih perpegang dengan landasan sekolah katholik SD Insan Mandiri gak pernah maksa muridnya masuk agama lain, malah sekarang mayoritas siswanya 80% Hindu ;)

--kembali lagi
Partners Club ketemu tiap hari senin waktu jam istirahat, kita makan bareng dan ngomongin acara selanjutnya yang bisa dikerjain sebagai klub. Aku sudah pernah bowling bareng mereka, jadi ada tournamen bowling dan aku bantu mereka bowling haha asik banget bisa ketemu partners club dari sekolah lain. Aku juga udah dapet skiing bareng walaupun sebentar soalnya skiing itu ribet ngurus perlengkapannya! Belum lagi bantu para athletes masang gear mereka masing-masing. Tapi tetep aja fun!

Polar plunge katanya salah satu acara paling besar tiap tahunnya buat Parners Club. Mereka menggalang dana buat disumbangin ke organisasi non-profit, Special Olympics Alaska. Setelah dapet donasi $125 atau lebih baru deh bisa ikutan. Karena sudah menggalang dana buat special olympics kita bisa nyebur ke Danau Goose (posisinya deket sekolah dan rumahku) rame2 hahaha. Yang bikin seru itu, danau Goose kan beku nih gara-gara musim dingin. Jadinya mereka motong sebongkah es dari danaunya biar bisa sampai di air dibawahnya. Singkat cerita, nyebur deh kesana! Kapan lagi bisa gila-gilaan nyebur ke danau sedingin es tapi buat amal? Kegilaan kita didukung, jelas untuk tujuan yang baik. Banyak orang dari seluruh Alaska buat ikut acara ini. Mereka pake kostum lucu-lucu yang nanti intinya bakal lepas dan basah kuyup kedinginan juga. Aku kemarin pake baju tie dye Partners club, kemarin kita nyebur ber10 kalo gak salah sama guru-guru juga tapi gak ada athletesnya yg ikut. Di dalem danaunya juga ada 2 bapak pemadan kebakaran yang nungguin. Trus ada tangga, abis nyebur langsung dikasi handuk dan nyebur lagi ke hot tub trus langsung ganti baju pakai baju kering. Rasanya? DINGIN BANGET! Tapi kalo disuru lagi aku mau kok wkwk asal abis itu langsung masuk ke hot tub lagi. Ini foto-foto waktu aku nyebur sama temen-temen yang lain haha



Foto-foto orang lain yang nyebur pake kostum lucu-lucu.
Masih banyak lagi yang keren-keren, cek Foto plunge

makasi udh baca :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar