Jumat, 12 Desember 2014

Serba serbi sekolahan (1)

Mau cerita tentang sekolah disini, boleh ya :)

Disini sekolahnya mulai dari jam 7.30 sampai 14.00 teng. Tepat waktu banget, kalo jam 2 ya jam 2 pulang gak ada guru minta waktu dilebihin lagi beberapa menit buat nyelesein materi. Murid-murid juga tau kalo udah jam pulang ya pulang, kalo udah jam pergantian ya bangun pergi ke kelas selanjutnya.

Seneng nonton film luar negeri kan? Jadi tau kan disini kelasnya moving class, guru diem di satu kelas tiap guru dan mapel kelasnya beda trus murid jalan-jalan buat nyari kelasnya. Makanya mereka punya loker, supaya mereka gak bawa tas sekolahnya kemana-mana. Cara belajar juga kayak anak kuliahan, bawa binder ditenteng trus pindah ke kelas selanjutnya. Kalo aku liatin di sekolahku disini mereka emang gak boleh bawa backpack ke kelas tapi cewek-cewek yang gaya-gaya itu biasanya tidak memfungsikan lokernya dalam artian mereka gak nyimpen tas sekolahnya disana karena mereka bawa purse atau tas jinjing keliling sekolah. Dari perspektif aku sih, mereka kayak perang brand buat siapa yang paling "gaul". Entahlah juga ya, mungkin aku yang terlalu ngenilai mereka.

Sekolah disini sekali lagi kayak kuliahan. Mereka pake sistem nilai ABCDEF trus pake IPK (disini namanya GPA). Dan tiap anak tu spesial dengan mata pelajarannya masing-masing. Mungkin ada yang punya jadwal sama atau mirip-mirip tapi majoritas semua punya jadwal yang beda. Mereka bisa pilih kelas elektif sama kelas yang diperluin buat menuhin akreditasi mereka. Apa itu perlu berapa kredit untuk mapel IPA, kredit mapel IPS, kredit mapel matematika (matematika dibagi lagi ada aljabra, pre-kalkulus, kalkulus sama geometiri), dll. 

Kalo masalah kelas karena tiap anak jadwalnya beda, berarti kan gak mungkin satu kelas itu utuh bareng-bareng. Jadi tiap mapel ketemu anak yang beda lagi dan kelas beda lagi. SMA disini dimulai dari kelas 9, makanya kata lagu 15 - Taylor Swift "the next four years in this town" pas pertama denger aku kira Taylor Swift mogok makanya ngulang SMA. Ternyata kelas 9 udah diitung jadi anak SMA. Kelas 9,10,11,12 bisa dicampur aduk digabung dalam satu kelas. Contoh: di kelas gitar aku aku satu kelas sama anak kelas 9 &10, di kelas pre-kalkulus sekelas sama anak kelas 10,11,12. Jadi kalo emang udah pinter bisa lompat ke mapel yang lebih susah tergantung kemampuan masing-masing. Ada juga anak kelas 12 yang masih ambil Aljabra 1 setara sama matematika kelas 8, soalnya mereka emang segitu kemampuannya. 

Apa lebih bagus cara belajarnya gini gitu? Cuma harus sediain banyak ruangan & banyak guru buat tiap mapel. Disini guru sama staff banyak, soalnya harus berbanding lurus sama jumlah murid yang diurusin. Kata guru US Government (mapel KWNnya anak Amerika) sih jumlah murid di sekolahku kurang lebih 3200-an, sekolah paling besar di Alaska. Kalo bisa aku bilang tiap hari pasti ada aja muka baru yang belum pernah aku ketemuin. Mungkin itu salah satu alasan High School disini itu susah, individual banget soalnya, paling kenal buat sekedar say hi di lorong-lorong sekolahan. Gak kayak di Indonesia yang satu kelas bisa dari SD sampai SMA (kalau mau & kalau bisa). Makanya bisa deket banget, dan dari sanalah muncul yang namanya BEST FRIENDS. Disini best friendsnya bisa didapetin kalo kalian ngabisin waktu yang banyak (kelasnya barengan, ikut olahraga atau klub yang sama, rumahnya deketan) sama "temen" itu. Aku punya banyak keraguan sama yang namanya temen disini, kayaknya punya masalah buat percaya sama orang baru dan anak-anak sini yah emang individual jadinya ga peduli juga.

Tiap sekolah jadwalnya beda-beda, ada yang punya 6 mapel ada yang 7. Sekolahku cuma 6 mapel. Jadi jadwalnya itu dari 6 mapel itu aja diulang setiap hari sampe mampus. Aku ambil mapel: forensic science, photography, US Government, Guitar, English, Pre-calculus. Anak exchange perlu ambil US Government, English, sama math, sisanya bebas jadi aku pilih itu untuk kelas elektifku.

Mungkin agak telat buat cerita ini soalnya udah lewat satu semester sekolah tapi gapapa ya aku pengen sharing keadaan dan kegiatan sekolah disini. Ceritanya nyambung ke post setelah ini tentang kelas-kelasku & rutinitas sekolahku disini.

thankyouforreading ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar