Rabu, 10 September 2014

Tersesat itu...

Tersesat! Biasanya kan banyak tu yang bilang, "Let's get lost!" blablabla tapi kalo tersesat sebenernya itu bener-bener ga asik. Diulangi, BENER-BENER GA ASIK. Emang kenapa fan? Fanny tersesat?

Iya, kemarin aku tersesat BIG TIME. Big time karena tersesatnya itu di hutan (serius ini hutan beneran di Alaska yang luasnya entah berapa bukan hutan kota abal-abal).

Cerita dimulai saat latihan cross country pertama, cross country itu ekstrakurikuler sepulang sekolah yang ada di hampir semua sekolah di Amerika Serikat. Aku, seorang anak exchange yang gatau apa-apa tentang cross country mencoba ikut cross country dibantu sama Mary, tetangga sebelah locker. Hari pertama latihan dimulai kita lari dari sekolah ke tempat pemanasan, jaraknya gak tau berapa ya yang jelas jauh (dipikiran). Jelas aku lari paling belakang dan ketinggalan sama temen-temen lain yang udah berpredikat "runner". Habis lari kita pemanasan dan badan udah kerasa pegel secara gitu lama gak olahraga dan ini baru hari pertama latihan, sebenernya cuma alasan sih tapi tetep aja itu capek latihannya. Kirain eh habis pemanasan itu langsung selesai, ternyata latihan benernya itu dimulai saat coach bilang "Well today we're doing hills." translation: "Oke! Sekarang kita bakal latihan di bukit." Gatau ya mukaku gimana waktu coach bilang gitu, yang jelas pikiran udah ga enak kenapa disuru manjat bukit :" karena belum kebayang latihannya gimana. Lari naik turun bukit (yang ga terlalu besar ga terlalu kecil soalnya biasa dipake skiing kalo winter) sebanyak hmmm ga banyak, cuma 8x! Sebenernya harusnya 16x buat temen-temen runner profesional tapi aku cuma bisa 8x dan hampir semuanya itu jalan bukan lari. Udara yang dingin+hujan itu juga gak membantu banget buat lari disini, hidung meler terus selama latihan. Jadi itu pengalaman hari pertama. Besoknya latihan lagi, oh! Belum takut lah, latihan lagi hayo! Ternyata salah besar pemikiran gak bakal terjadi kenapa-kenapa. Karena TRAGEDI terjadi keesokan harinya.

Sebenernya kalo boleh jujur besok harinya badan udah kerasa ga enak kalo mau latihan. Mata juga mulai kayak nyut-nyutan dari pagi. Tapi gak enak kalo baru latihan skali langsung gak dateng lagi, jadinya deh aku dateng aja latihan yang kedua kalinya. Latihan kedua kita diajak ke Service High School di bagian selatan Kota Anchorage, kesananya naik school bus selama 15 menit. Yang by the way itu pertama kali aku naik American School Bus exited gimana gitu haha. Sampai di Service HS, kita dikasi 2 pilihan sama coach antara diam di Service buat lari-lari disana atau balik lari ke sekolah. Sekolahku namanya East High School, yang jelas-jelas ada di bagian timur kota. Aku udah takut duluan, soalnya aku gak tau jalan balik mending diem di Service aja kan cari aman? Eh... Ternyata temen-temen runner semua mau lari balik ke sekolah, masa aku sendiri disana? Jadi coach ngajak aku balik ke sekolah sambil lari. Jarak dari Service ke sekolah itu katanya 6 miles (convert ke km, kurang lebih 9,6 km!) ngelewatin hutan pinus tebel, mau ga mau harus ikut lari juga daripada sendirian kan? Habis lari bareng coach selama kurang lebih 30 menit coach bilang sudah stengah perjalanan tapi aku udah ngerasa gak kuat. Jadi aku mulai jalan dan coach ninggalin lari nyusul anak-anak yang udah di depan katanya mau balik lagi ngecek aku belakangan. Setelah beberapa menit sendirian aku nemu jembatan dan track lari habis. Sendirian kehujanan dan dingin aku nunggu sebentar dan nemu dua anak freshman cowok (temen cross country) Kiana sama Brennan katanya mereka tau jalan dan akhirnya aku ngikutin mereka. Mereka bilang (menurut google maps di hpnya Brennan) tracknya kita harus nyebrang jalan trus motong lewat hutan. Gimana sih menurut readers anak exchange yang gatau situasi tempat atau jalan harus lakukan? Ya aku ngikutin mereka aja, asumsi aku saat itu mereka tau jalan balik ke sekolah. Seharusnya feeling udah ngasi tanda waktu nyebrang jalan dan ngikutin track kecil motong ke hutan kan? Tapi bodonya aku aku ngikutin mereka. Dan setelah itu lah situasi mulai memburuk.

Jalan sempit penuh rumput tinggi duri-duri, pohon pinus, lumpur, sungai, rawa-rawa, hujan. Itu aja yang bisa aku deskripsiin tentang hutan itu. Setelah kurang lebih 2 jam keliling-keliling di hutan gatau jalannya kemana dan gak bisa balik ke tempat kita masuk. We are officially lost, kita bener-bener tersesat di hutan. Aku + 2 bocah 14 tahun berbekal 1 iPhone 5c biru yang jadi asal muasal tersesatnya kita di hutan itu tapi hp itu juga yang nyelametin kita. Sekitar jam 5 aku gak kuat, gak bisa jalan lagi. Dingin dan sepatu bau rawa-rawa yang basah isi lumpur dan air hujan, kaki aku keram. Celana lari pendek sama sweatshirt gak bisa ngebantu bikin hangat karena sudah terlanjur basah kuyup. GAK PEDULI LAGI SAMA KEADAANKU SAAT ITU, UDAH GAK BISA NGERASA APA-APA, AKU CUMA MAU PULANG. Kiana sama Brennan mulai saling nyalahin satu sama lain waktu aku udah dingin keram dan duduk di rumput di tengah rawa-rawa. Akhirnya pilihan terakhir kita nelpon 911. Kita tau kita deket sama jalanan soalnya ada bunyi lalu lintas tapi gatau berapa jaraknya dari kita karena kita jelas-jelas tersesat dan gak bisa pergi dari tengah rawa-rawa. Petugas 911 ngirim polisi yang ngelintas pake sirine dan katanya untuk ngebantu mereka nemuin kita, jalanan di deket kita yang ternyata namanya E Tudor Road ditutup. BUAT NEMUIN 2 BOCAH DAN 1 ANAK EXCHANGE YANG TERSESAT DI HUTAN. Sudah ngerasa dah, besok ini pasti masuk berita. Setelah kurang lebih 40 menit kedinginan kehujanan nunggu polisi sama pemadam kebakaran nemuin kita, akhirnya bapak pemadam yang baik hati nongol dari sela-sela pohon tebel. Finally! Kita ditemuin.. Badan dingin menggigil luka-luka gak peduli! Sepatu bau basah muka pucat gak peduli! Aku cuma mau pulang.

Sebenernya cerita ini gak bisa dijelasin secara detail soalnya cuma aku sama 2 bocah itu yang ngalamin. Aku takut banget kemarin, kalo aja gak ada hp itu gimana mereka nemuin kita? Kalo aja kemarin pak polisi gak bisa nyampe ke kita, aku gimana jadinya sekarang? Sampe rumah jam 7.02 Mom, Dad, Mayar (sodara anak exchange juga dari mesir) khawatir banget jadi ngerasa gak enak. Sampe rumah yang bisa aku lakuin cuma bersyukur, bilang makasi, mandi air hangat & makan sup hangat.

Sekali lagi aku ulangi, tersesat itu BENER-BENER GAK ASIK. Untung waktu tersesat gak ketemu beruang atau yang anek-aneh. Jadi, stay save ya readers. Yang bisa aku pelajari kemarin adalah: Jangan keluar track lari kalo lagi lari di tengah hutan, jangan percaya google maps, 911 itu amazing. Thank you Anchorage Police Department and Anchorage Fire Department for saving my live and rescuing me from that horrible experience.

Malemnya aku masuk news di channel 11, judul newsnya: Lost teen runners rescued. Malu gak sih? Gak peduli lagi lah yang penting aku selamat. Makasi yang udah baca ceritanya fanny, sumpah suatu saat nanti bakal ketawa kalo inget ini. "Remember when you got lost in the woods and you called 911?" Hahahaha

3 komentar:

  1. Mpani, first of all selamat karena sudah berhasil mencapai salah satu mimpi ke US. Jujur, blog ini keren banget, tetap sering-sering posting dan semoga bisa menginspirasi pembaca-pembaca semua. Hehe (y).

    Dan tentang postingan kali ini, pasti bakalan dikenang deh seumur hidup walaupun ini pengalaman yg kurang mengenakkan. Dan BTW inikah beritanya ? http://www.ktva.com/rescue-mission-slows-traffic-in-campbell-creek-area-366/ hihi

    Pokoknya semoga mpani selalu sukses disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai rizki! Makasi yaa. Aku baru belajar buat blog jadi sebisa mungkin aku post, tapi belum bisa kayak blogmu. Hahaha :3

      Iya itu dan beritanya, kamu kok bisa nemu? Wkwk jadi malu :D
      Km sukses juga! Salam NIPPOEN! ;)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus