Sabtu, 07 Maret 2015

Alaskan Proud (1)

A house is not a home, but this is the next best thing.
Buat anak exchange yang dateng dari tempat tropis seperti Bali pindah ke Alaska pasti beda banget. Banyak anak exchange yang baru tau mau dateng ke Alaska aja mereka mulai nangis dan akhirnya selama disini gak betah eh pulang deh. True story, punya temen exchange namanya Michelle dari Chile dia cuma bertahan sekitar 5 bulan. Udah stengah perjalanan kan? Kasian ditinggal tapi katanya dia gak betah disini gak ada apa-apa. Bener sih Alaska kayak gak ada apa-apanya dibanding kota-kota besar di tempat lain. Anchorage yang katanya kota paling besar di Alaska masih kalah sama presepsi kota besar menurutku, seorang anak kecil dari kota kecil di ujung timur Pulau Bali. Beda sama orang lain yang sedih waktu tau bakal exchange di Alaska, aku malah jingkrak-jingkrak.

Alaska emang jauh di utara, dingin dan banyak presepsi salah dari orang-orang tentang Alaska. Bahkan denger-denger cerita temen-temen yang tinggal disini, mereka juga sering ditanyain pertanyaan bego dari orang-orang yang gak tau Alaska. Sama kayak orang-orang nanyain anak exchange tentang negara mereka. Orang-orang pikir tinggal di Alaska itu bakal penuh dengan es dan salju, hidup di igloo, trus punya penguin buat binatang peliharaan. Salah besar ternyata. Alaska emang dingin tapi gak terlalu dingin juga banding tempat lain di AS. Bangunan ada, walaupun gak besar amat tapi yah cukup. Banyak yang bilang Anchorage itu kota yang ideal buat membangun keluarga. Setuju sih (sekarang).

Expectation vs. reality. Anchorage.
Duh baru sadar foto expectation reality yang atas itu orang nombak penguin, maafkan itu foto nemu di google. Tolong di ignore yah, duh -_-

Dari awal tahun 2015 ini aku ngerasa tambah nyaman sama Anchorage, serasa rumah, mulai familiar sama jalan-jalan sama bangunan. Semakin banyak ikut kegiatan di sekolah sama komunitas. Mulai ngerasa bener-bener sreg itu sih dari akhir Januari. Ada kegiatan kan bareng organisasiku & anak YES, yang sama programnya sama aku. Dan sama organinsasinya aku diajak jalan-jalan selama 2 hari trus nginep di hotel. Intinya sih buat mid-year orientation, soalnya udah setengah jalan program exchangenya. Jadi hari itu pertama diajak ice skating di Weschester Lake. Iya di atas danau, tapi gak takut bakal retak soalnya esnya tebel sekitar 1,5 meter. Dan sadar disana, eh aku seneng banget ice skating! Akhirnya ada sports winter yang aku suka dan memang aku bisa. Untung waktu kecil mama ajarin ice skating pas ke bandung, kalo skali sudah bisa ya selalu inget

Di minggu yang sama aku ketemuan sama Dhila, temen exchange dr Indo juga. Dia tinggalnya di Fairbanks, jauh lebih dingin dari Anchorage bisa -50 derajat celcius dengan gampang. Tapi beruntung musim salju kali ini aneh banget dan gak terlalu dingin di Alaska. Jadi kita mainan ke mall trus ternyata kata Dhila di Fairbanks gaada apa-apanya coba. Mallnya cuma satu strip pertokoan yang banyakan tutup a.k.a gaada store yang mau buka disana. Jadinya deh si Dhila shopping spree di Anchorage. Tambah syukur deh gue Anchorage masih ada mall walaupun gak segede Tanjungan Plaza di Surabaya. Duh jadi kangen kan.

Ceritanya ulang tahun

And then comes a very special day in February, no not Valentine's day. But Stephanie's day! Yap ulang tahun ke 18 di Alaska nih, cieee. Tapi sedih, kenapa sedih? Gak dapet hadiah sebanyak di rumah hahahaha. Tapi kalo di rumah paling dapet boneka (lagi) bukannya gak bersyukur dapet boneka tapi please guys kamar gw penuh sama boneka. Aku suka banget sih sama boneka tapi I think it's time to stop. Indonesia juga kadang-kadang segitunya ya, orang ultah dikasi boneka, frame foto, diary, bunch of useless stuff. Aku bersyukur aja ultah udah diingetin, maaf temen-temen yang baca no offense banget. So ultah disini gak terlalu spesial sih, double placement pengen bikin kejutan pagi-pagi di loker sekolah dihias pita 'Happy Birthday' warna ungu entah mengapa dia kira aku suka warna ungu (I prefer pink or green actually but I like any color tho'). Terus dikasi kalung sisters forever katanya aww.


Sekolah sih aman-aman aja seterusnya hari itu, I was pretty happy. Pulang sekolah volunteer di perpus. Oh iya itu salah satu kegiatanku semester ini. Semenjak try out basketball dan gatot gak masuk tim yah jadi iseng ngapain ya pulang sekolah biar ada kegiatan, makanya coba bantu ibu perpus Mrs. Faith & Mrs. White di perpustakaan sepulang sekolah. Mereka baik banget, kebanyakan kerjaan gw sih nyimpen buku pada tempatnya lagi, ngescan buku yang baru masuk, check in buku yang dikembaliin murid. Disini kerjanya kelihatan lebih gampang gak ribet kayak di perpus sekolah di rumah soalnya udah pakai sistem barcode di buku-bukunya jadi gampang ngetrack anak-anak yang pinjem buku atau inventory buku-buku dalem perpus. Walaupun sih keliatan bosen banget volunteer atau kerja di library tapi entah mengapa aku emang selalu suka sama yang namanya perpustakaan. Walaupun gak baca buku terus tapi keadaan perpus itu adem aja dikelilingin buku banyak serasa pinter *eh ngaku
Mostly that was my birthday, trus aku pulang dan inget hostparents gaada ngucapin happy birthday sama sekali antara mereka sengaja atau emang lupa udah tua (sebenernya mereka tau cuma mereka gak suka nunjukkin sayang gitu kali ya, keluargaku disini ini emang agak gitu gatau kenapa). Udah agak sebel sih sebenernya gak diucapin tapi yah masa bodo lah gw. Terus kirain kan dinner bakal dikasi makan apa gitu soalnya anaknya ultah tapi malah makan leftover (menu makan kemarin). Yah gapapa masih sabar. Akhirnya abis dinner baru dikeluarin cake rasa coklat warna ungu (again kenapa ungu coba emang gw janda) lengkap dengan lilin happy birthday stephanie 18. Serasa gak lengkap tapi ya harus disyukuri aja udah gede juga 18 tahun gak perlu manja. Udah gitu aja ulang tahunnya, dapet gift card dari hostparent sama hostbro & istrinya. Membiasakan diri dengan biasa saja ulang tahunnya, kan nanti udah gede juga gak selalu harus spesial kan. I'm already special anyway :))



1 komentar: